Jumat, 09 Maret 2012

Siswa Tidak Mengerti, Salah Siapa Dong ?

Kali ini saya akan membahas tentang masalah keefektifan cara pengajaran di kelas. Nah, kita semua pasti pernah mengalami saat-saat dimana kita tidak dapat memahami apa yang diterangkan oleh si pengajar. Lalu akan muncul pertanyaan dalam benak kita, 

"Apa sih yang diterangin sama Bapak/Ibu Dosen ini? Kok aku gak bisa nangkap ya?" 

Menurut buku Psikologi Pendidikan edisi kedua karangan John W. Santrock, seorang pengajar harus menguasi beragam hal dan metode yang bersifat fleksibel karena setiap siswa berbeda-beda agar materi yang disampaikan dapat dipahami oleh  setiap siswa. Maka pengajar akan lebih baik jika memiliki hal-hal dibawah ini.

1. PENGETAHUAN DAN PROFESIONALITAS
Seorang pengajar diharuskan untuk menguasai materi dengan baik. Coba temen-temen bayangkan bagaimana jika pengajar berdiri di depan kelas dan menjelaskan materi yang bahkan ia sendiri kurang mengerti (nah loh?). Ada dua kemungkinan yang akan terjadi, siswa menjadi bingung atau siswa tersesat oleh penjelasan si pengajar.
Dewasa ini berkembang metode pengajaran konstruktivisme dimana siswa akan saling bekerja sama untuk mengetahui dan memahami pelajaran. Metode ini telah meninggalkan metode lama yang bersistem siswa duduk diam mendengarkan si pengajar -- menurut saya, hal ini berpotensi besar membuat siswa mengantuk. Keahlian me-manage kelas, komunikasi, dan memotivasi siswa juga berperan besar dalam pengajaran.

2. KOMITMEN DAN MOTIVASI
Tidaklah mudah menjadi pengajar yang efektif dan diterima oleh setiap siswa. Terkadang pengajar akan merasa jemu, sehingga diperlukan komitmen yang kuat agar hal tersebut tidak muncul dan menganggu kondisi pengajaran di kelas. Seorang pengajar tidak hanya harus memotivasi anak didiknya, tetapi juga harus memotivasi dirinya sendiri untuk menjadi lebih baik lagi.

Nah, jadi menurut persperktif saya sebagai seorang anak didik, siswa yang tidak mengerti, mengantuk, berisik, dan lainnya sebagian besar disebabkan oleh faktor pengajar yang kurang efektif. Tetapi terkadang faktor eksternal dari siswa juga turut mempengaruhi performanya di dalam kelas. Oleh sebab itu, siswa dan pengajar harus saling bekerja sama agar tercipta suasana kelas yang nyaman dan aman sehingga kita dapat mengerti penjelasan dari Beliau.

Semoga bermanfaat! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar